Remedial Hafalan Tahap I

alfiyyahHari Ahad, 1 Maret 2015 terdapat suasana yang berbeda di MA NU TBS Kudus. Tampak siswa-siswa sedang serius muroja’ah hafalan. Pada hari ini (Ahad, 1 Maret 2015) memang sedang dilaksanakan remedial I tes hafalan alfiyyah kelas X dan XI serta hafalan Surat Yasin untuk kelas MPA (Madrasah Persiapan Aliyah).

Pelaksanaan tes hafalan dilakukan dengan melakukan setoran satu per satu kepada Guru Penguji. Siswa diberikan dua kali kesempatan dalam satu tahun yang dilakukan secara serentak. Pada kesempatan pertama, siswa menyetorkan hafalan 50 bait alfiyyah. Pada kesempatan kedua, siswa harus melunasi 50 bait lagi sehingga jumlah bait alfiyyah yang harus dihafalkan berjumlah 100 bait. Bagi siswa yang belum mampu menghafalkan secara tuntas 100 bait dalam dua kali kesempatan, diberikan kesempatan untuk mengikuti remedial tahap I seperti yang dilaksanakan pada hari Ahad, 3 Maret 2015. Siswa yang masih belum bisa lulus hafalan, diberikan kesempatan untuk menghafalkan secara tuntas pada kesempatan selanjutnya dengan didampingi oleh orang tua atau wali murid. Begitu juga dengan siswa-siswa MPA, tetapi siswa MPA diharuskan menghafalkan Surat Yasin.

Hafalan Alfiyyah merupakan salah satu syarat kenaikan kelas. Sangat penting bagi siswa untuk serius menuntaskan hafalan. Bait-bait alfiyyah yang telah dihafal oleh siswa, dapat membantu siswa dalam membaca dan memaknai kitab-kitab klasik (kuning). Dengan demikian, siswa MA NU TBS Kudus diharapkan dapat menelaah dan mengkaji keilmuan Islam yang terdapat pada kitab kuning.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Silahkan di isi *