Para Kiai TBS Hadiri Salin Luwur dan Haul Sunan Muria

Warga menghadiri puncak salin luwur dan haul Sunan Muria.
Warga menghadiri puncak salin luwur dan haul Sunan Muria.

KUDUS – Upacara puncak salin luwur dan haul Kangjeng Sunan Muria, digelar pada Selasa (25/9/2018) pagi. Banyak tokoh, mulai dari kiai (ulama), pemimpin daerah, politisi dan tokoh masyarakat hadir pada kesempatan itu.

Nampak pula para kiai dari madrasah Tasywiquth Thullab Salafiyah (TBS) Kudus. Para kiai TBS yang hadir dalam puncak haul Sunan Muria itu, adalah KH. Mc. Ulinnuha Arwani, KH. M. Ulil Albab Arwani, KH. M. Arifin Fanani, KH. Hasan Fauzi, KH. Ahmadi Abdul Fattah, KH. Nur Khamim Lc. Pg.D dan KH. Dr. Ahmad Faiz Lc. MA.

KH. Noor Khamim pada kesempatan itu didaulat untuk memandu acara haul (MC), KH. M. Ulil Albab Arwani memimpin pembacaan Surat Yasin, KH. M. Arifin Fanani didaulat memimpin pembacaan tahlil, dan doa dipimpin KH. Mc. Ulinnuha Arwani.

Dalam puncak haul yang dihadiri ribuan umat Islam dari berbagai daerah tersebut, nampak hadir pula Habib Umar Muthohhar SH., Habib Muhammad Bin Husein Bin Anis Al-Habsy, KH. Nur Nashrah, KH. Nadjib Hasan, KH. A. Badawi Basyir dan KH. Jazuli Basyir.

Hadir pula Bupati Kudus H. M. Tamzil dan Wakil Bupati Kudus H. Hartopo, Bupati Pati H. Haryanto, Kapolres Kudus AKBP. Agusman Gurning, Dra. Munawiroh M.Pd. (peneliti pada Pusat Penelitian dan Pengembangan Keagamaan/ Puslitbang Kemenag RI) dan anggota Perhimpunan Pemangku Makam Auliya (PPMA) se-Jawa.

Ketua pengurus Yayasan Masjid dan Makam Sunan Muria (YM2SM), H. Abdul Manaf, menyampaikan, bahwa serangkaian acara telah dilaksanakan sebelum puncak buka luwur dan haul Sunan Muria digelar. ‘’Rangkaian kegiatan itu meliputi pembacaan manaqib, doa awal tahun, istighasah Asyura, santunan yatim piatu, khotmil quran dan pengajian umum,’’ katanya. (rsd)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Silahkan di isi *