Mapel Langka di Madrasah TBS

Wali murid menghadapi silaturahmi dengan pihak madrasah, belum lama ini.
Silaturahmi pihak madrasah TBS dengan wali murid, belum lama ini.

KUDUS – Banyak madrasah di berbagai kota di Indonesia ini. Namun tidak banyak, tentunya, madrasah yang mengajarkan Mata Pelajaran (Mapel) yang langka seperti Ilmu Arudl, Ilmu Falak, Qiraah Sabah.

Salah satu madrasah yang hingga kini mempertahankan Mapel-mapel langka tersebut, adalah Madrasah Tasywiquth Thullab Salafiyah (TBS) Kudus di Jawa Tengah. Selain Mapel tersebut, ada lagi ilmu klasik yang diajarkan, yaitu Ilmu Mantiq dan Faraid.

‘’Mapel-mapel langka ini, sampai kini masih diajarkan di Madrasah TBS tercinta ini,’’ ujar KH. Nur Khamim Lc. P.gD di hadapan para wali murid dalam sebuah kesempatan, baru-baru ini.

Diajarkannya Mapel-mapel yang tidak banyak diajarkan di madrasah-madrasah itu, sehingga menjadi salah satu penciri bagi Madrasah TBS. ‘’Selain itu, di Madrasah TBS juga ada kelas moving,’’ tuturnya.

Kelas moving ini sebagai penghargaan terhadap masyayikh TBS atas waktunya yang sangat terbatas. ‘’Ada tiga ruang untuk moving. Kelas moving ini, masyayikh duduk di tempat (ruangan), dan para murid (santri) hadir di ruang moving secara bergantian,’’ katanya. (rsd)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Silahkan di isi *